Teori Yin Yang Wu Sing asas kepada urut terapi alamiah bukan Islam

Teori Yin Yang Wu Sing asas kepada urut terapi alamiah bukan Islam

Teori Yin Yang Wu Sing merupakan dua teori, yaitu Yin Yang dan Wu Sing yang mendasari cara berpikir atau falsafah Tiongkok kuno. Teori Yin Yang menyatakan segala sesuatu yang berada di alam semesta dibentuk, dilahirkan, bergerak, berkembang, dan berubah karena dorongan atau bimbingan dua aspek yang berlawanan, yaitu aspek Yin dan aspek Yang. Hal itu menyatakan, segala sesuatu yang berada di alam semesta ini pasti terdapat aspek Ying dan aspek Yang. Di antara Yin dan Yang selain terdapat hubungan saling bertentangan, juga mempunyai hubungan saling mengandalkan, saling tarik menarik dan saling membentuk, serta pada kondisi tertentu dapat berubah dari satu aspek ke aspek lawannya.

Teori Wu Sing atau teori pergerakan lima unsur merupakan pengembangan dari teori Yin Yang. Dalam teori Wu Sing digunakan lima(5) macam benda untuk mewakili lima unsur, yaitu kayu, api, tanah, logam dan air sebagai dasar penggolongan segala sesuatu di alam semesta ini. Dengan cara penggolongan itu dapat di interpretasikan hubungan-hubungan diantara lima unsur tersebut. Berdasarkan teori Wu Sing antara kelima unsur itu mempunyai hubungan menghidupkan dan membatasi. Segala sesuatu di alam semesta ini bergerak dan berubah mengikuti kaidah pergerakan lima unsur tersebut.

Dalam ilmu kedokteran timur, teori Yin Yang Wu Sing digunakan dalam berbagai bidang, seperti fisiologi, patologi, etiologi, penganalisaan penyakit, menegakkan diagnosis, dan pengobatan termasuklah urut terapi.

A. Teori Yin Yang

1. Isi yang tercakup di dalam teori Ying Yang

Teori Yin Yang mencakup Yin Yang saling mengandalkan, Yin Yang saling bertentangan, Yin Yang saling menarik, dan Yin Yang dapat berubah dari satu pihak ke pihak lawannya.

1.1 Yin Yang Saling Mengandalkan

Keberadaan antara Yin dan Yang memberikan arti, keduanya dapat hadir berdampingan, hidup saling mengandalakan pihak lain dan saling membutuhkan. Hal itu berarti Ying ataupun Yang tidak dapat berdiri sendiri. Kehadiran Yin harus ditunjang Yang. Sebaliknya, kehadiran Yang juga perlu ditunjang Yin. Dengan demikian, dapat dikatakan Yin berakar pada Yang, dan Yang berakar pada Yin

About Sifuli

Bicara tentang makan minum, tidur baring, dan beranak pinak yang membina adat resam untuk kehidupan rohani, jasmani, jiwa dan raga. Diantara weblog Sifuli yang popular adalah seperti berikut: Dukun Asmara bicara tentang beranak pinak. Hipnotis Sifuli bicara tentang tidur baring. Jalan Akhirat bicara tentang adat resam (agama) Doa Ayat dan Zikir untuk rohani jasmani jiwa dan raga. Jika tak suka sekali pun janganlah tinggalkan komentar yang keterlaluan. Kerana segalanya adalah sekadar ilmu pengetahuan. Wasalam.
This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Tinggalkan Jawapan

Masukkan butiran anda dibawah atau klik ikon untuk log masuk akaun:

WordPress.com Logo

Anda sedang menulis komen melalui akaun WordPress.com anda. Log Out / Tukar )

Twitter picture

Anda sedang menulis komen melalui akaun Twitter anda. Log Out / Tukar )

Facebook photo

Anda sedang menulis komen melalui akaun Facebook anda. Log Out / Tukar )

Google+ photo

Anda sedang menulis komen melalui akaun Google+ anda. Log Out / Tukar )

Connecting to %s